Diposkan pada dailynotesyanti

Tentang Drama Let’s Eat 2

Asalamualaikum wr. wb. 

Seperti biasa yang suka aku tanya ke kalian semua kalau lagi di awal,  yaitu,  bagaimana kabar kalian? Apakah weekend kalian menyenangkan? 

 Semoga kabarnya baik-baik semua dan bahagia selalu ya. 

Sebagai penggemar drama, khususnya Drama Korea,  aku tuh orangnya moody banget soal milih drama mana yang mau aku tonton.  Sekarang ini aku lagi nonton ‘Let’s Eat 2’. Drama ini dibintangi Doo Joon (member boyband Highlight) dan Seo Hyun Jin (Pernah bermain di drama Oh Hae Young again).  Dan alasan utama aku tertarik menonton drama ini adalah untuk melihat Doo Joon,  hahaha,  di sisi lain,  aku suka tema yang diangkat yaitu tema makanan enak. 

Cara Doo Joon dan para pemain lainnya makan benar-benar membuat yang  nonton jadi ikutan laper dan ngiler. Akupun jadi ikutan lapar juga, walaupun makanan yang diperlihatkan adalah makanan Korea. 

Dari banyak makanan yang diperlihatkan,  kebanyakan mengandung pork sih, kalau kita sebagai muslim tentu dilarang makan makanan yang mengandung pork  ini. 

Selain itu,  soju,  baekju (bir), Wine,  sudah menjadi minuman yang lazim orang Korea Konsumsi dan minuman ini juga dilarang bagi umat Islam.

Aku lebih fokus ke hubungan antara Doo Joon sama Seo Hyun Jin sih.  Ada cinta segitiga di antara mereka.  Secara Doo Joon sebagai tokoh utama,  aku sih yakin nantinya Doo Joon akhirnya bersama Hyun Jin. 

Aku tuh kagum ya sama orang Korea.  Gigi mereka kuat banget,  secara makanan baru matang dan lagi panas-panasnya dan penuh asap langsung dimasukkin ke mulutnya.  Lidahnya juga kuat banget. Kalo lidahku  mungkin langsung melepuh kena makanan panas seperti itu.

Selain makan saat panas,  mereka juga sangat suka rasa pedas,  bahkan makan cabai mentah dengan cara digigit. Porsi makannya juga cukup besar. Aku jadi kagum sama perut mereka.  Mungkin karena sudah terbiasa pedas,  perut mereka sudah kebal dengan pedas. 

Kalau di Indonesia,  kulinernya malah jauh lebih beragam karena terdiri dari banyak suku dari Sabang sampai Merauke.

Aku sih pengen banget nyoba makanan korea,  terutama Kimchi karena kalau di drama Let’s Eat kayaknya setiap kali makan apapun harus ada kimchi, seperti makanan pelengkap dan menambah selera. 

Udah dulu ya curhatnya.  Wasalamualaikum… 

Iklan
Diposkan pada dailynotesyanti

Gagal Lolos TKD

Asalamualaikum wr.  wb. 

Hai friends,  teman-teman sesama penulis blog dan semua yang masih bersedia singgah di laman ini.  Semoga kabar kalian baik-baik saja, sehat-sehat semua  dan aku harap kalian sedang bahagia.  Tidak peduli sebesar apapun masalah yang sedang dihadapi. 

Btw,  aku baru saja pulang dari Jakarta untuk Tes CPNS Badan Informasi Geospasial. 

Dan aku belum memenuhi passing grade.  Ya,  nggak apa-apa,  aku ikhlas.  Dan ini sebagai pengalamanku mengikuti tes CPNS untuk kali pertama. 

Badanku lagi drop nih,  gara-gara keujanan pas nyari angkot kemarin sekembalinya dari Jakarta. 

Sepulang tes,  aku jalan-jalan ke Monas,  dan ke Mesjid Istiqlal.  Dan sebelum ke Jakarta,  aku sempat menginap di rumah keluargaku di Bogor dan mampir ke rumah Nenek yang ada di Bojong,  Depok. 

Aku pergi ke Jakarta hari Jum’at sore,  pesawat yang kunaiki sempat delay 1 jam 40 menit, cukup lama. Dan sempat di kasih cemilan kue dari pihak maskapai penerbangan atas keterlambatan ini. 

Sesampai di Bandara Soetta,  aku dan tanteku naik Bis DAMRI menuju stasiun Bogor,  di stasiun Bogor dijemput sama keluarga lalu ke rumah keluargaku itu naik angkutan kota jurusan Bubulak. 

Sesampai di depan gang,  kami harus berjalan kaki menuju rumah Bibiku,  dan lumayan jauh serta berkelok-kelok.  Pengalaman baru sih bagiku,  karena belom pernah naik Bus DAMRI dan naik angkot. 

Dan sesampai di rumah Bibi,  sudah tengah malam.  Rasanya capek sekali harus membawa koper kemana-mana,  mulai dari terminal sampai di rumah Bibiku. 

Esok harinya jam 11 siang,  aku,  tanteku dan Bibi serta anaknya Bibi pergi ke  Stasiun Bogor menuju Depok dengan menaiki Go Car,  salah satu angkutan berbasis online yang sedang ramai saat ini. 

Sesampai Stasiun Bogor,  kami membeli Tiket untuk naik KRL. Dan tempat yang kami tuju adalah stasiun Citayam. Sebelum sampai di Citayam,  KRL singgah dulu di stasiun Cilebut dan stasiun Bojonggede.

Bayar KRL nya pakai kartu dan kalau ada kembalian dari uang kita bisa ditukarkan di loket sesampai di tujuan. 

Ini juga pengalaman pertamaku naik KRL menuju Depok.  Sampai di stasiun Citayam, lalu memesan Go Car lagi menuju ke rumah Nenek di Bojong.

Dan pulangnya ke Stasiun Citayam lagi menuju Stasiun Tebet. Menuju Stasiun tebet,  ada 11 stasiun yang harus dilewati dan memakan waktu kurang lebih 10 menit per satu stasiun. 

Di Jakarta,  aku menginap di daerah Tebet,  Jakarta Selatan.  Kalau tesnya berlokasi di BKN pusat Jl.  Mayjen Sutoyo no.  12 Cililitan Jakarta Timur. Nggak begitu jauh jarak dari Tebet ke BKN di Cililitan kurang lebih 30 menitan naik Go Car.

Meskipun nggak lulus Seleksi TKD tapi aku tetap bersyukur karena mendapat banyak sekali pengalaman berharga selama di perjalanan.  Dan hal itu tidak membuatku kecewa dan patah semangat.  Semangatku malah jadi lebih tinggi lagi,  nilaiku hanya kurang di bagian TIU saja,  sedangkan di bagian TWK dan TKP memenuhi passing grade jadi aku tidak terlalu kecewa.  Mungkin aku harus lebih banyak belajar lagi.  Tahun depan aku akan ikut lagi kalau masih ada tes CPNS dan aku tidak akan pernah menyerah karena motto hidupku adalah Selalu Optimis dan pantang menyerah. 
Sudah  dulu ya curhatnya.

 Wasalamualaikum… 

Diposkan pada dailynotesyanti

Pengalamanku bekerja

Asalamualaikum wr.  wb. 

Hai,  para blogger yang baik hati,  sudah lama nih aku gak curhat.  Postinganku sebelumnya adalah tips kesehatan agar kalian hati-hati dalam mengonsumsi cemilan dikarenakan ada beberapa cemilan yang kurang baik bagi kesehatan bahkan bisa menjadi pemicu kanker. 

Aku sok peduli ya sama kesehatan. Ya iyalah,  kita harus sayang sama diri kita sendiri karena kalau bukan kita yang merawat,  lalu siapa lagi? 

Ya,  walaupun aku belum bisa mengatakan kalau aku memiliki pola hidup yang benar dan sehat.  Karena harus kuakui aku juga suka ngemil,  jajan sembarangan, kurang olahraga, gak terlalu suka makan sayur,  makan -makanan instan. 

Aku cuma mau berbagi artikel tentang kesehatan yang aku dapat melalui internet,  itu aja.  Juga sekedar pengingat bagi diriku sendiri.

Udah tanggal 12 Oktober aja,  nggak K rasa ya, aku kerja di kantorku yang sekarang sudah 3 tahun 9 bulan,  hampir 10 bulan.  Kantorku sekarang adalah tempat kerja terlamaku selama aku pernah bekerja,  di kantor sebelumnya aku kerja selama 3 tahun 3 bulan.  Lalu aku mengikuti pelatihan  di Balai Latihan Kerja selama 3 bulan dan 2,5 bulan magang,  setelah aku berhenti kerja dari kantorku yang lama.  Aku kuliah selama 4 tahun dari Oktober 2010 dan di Wisuda di Bulan Oktober tahun 2014. Nggak kerasa sudah cukup lama juga aku lulus kuliah dan sudah cukup lama juga aku bekerja. 

Aku kerja dari umurku 18,2 tahun, saat itu pada bulan Januari Tahun 2010.  Gaji pertama kala itu 300 ribu dan terasa berarti sekali bagi aku yang baru bekerja dan baru lulus SMA,  aku lulus SMA tahun 2009 bulan Juni,  lalu nganggur sambil cari -cari kerja tapi baru dapat pada Januari 2010, aku sempat enam bulan nganggur dulu sebelum dapat pekerjaan.  Aku pernah jadi SPG minimarket selama Tiga Setengah  jam,  gak sampai sehari.  Kalau diingat-ingat lucu sekali bagaimana aku hanya bertahan selama  tiga setengah  jam.  Itu adalah waktu tersingkatku bekerja. Saat itu aku lagi sakit tipes,  tapi malah keterima kerja,  sekitar bulan Desember 2009. Lalu aku putuskan untuk mengundurkan diri karena fisikku sedang lemah. 

Aku juga pernah kerja di sebuah CV selama 1 hari setelah itu resign. Kalau ini penyebabnya karena kerjanya itu liburnya cuma Minggu,  sedangkan aku harus kuliah, jadi aku lebih memilih kuliah ketimbang pekerjaan ini. 

Lalu aku juga pernah kerja di kantor Notaris selama dua hari.  Kerjaannya cuma belajar ngetik pakai mesin Tik doang selama dua hari.  Dari tempat inilah akhirnya aku tahu bagaimana cara mengoperasikan mesin tik.  Di tempat ini bosnya sangat hemat,  bahkan bisa dibilang pelit.  Selain bosnya pelit dan cerewet,  pekerjaan ini juga menghambat kuliahku karena nggak ada liburnya dan gak boleh ijin untuk kuliah di hari Jum’at dan Sabtu.  Akhirnya,  lagi-lagi aku lebih memilih kuliah dibanding bekerja. 

Dan di tempat yang sekarang aku paling lama bekerja.  Sejauh ini aku merasa bersyukur dengan apa yang aku miliki saat ini.  Walaupun kadang aku suka mengeluh ini itu.  Tapi pekerjaan adalah sebuah rejeki yang patut disyukuri. Syukur-syukur masih diberi rejeki oleh Allah Swt. 

Udah dulu ya curhatnya.  Nanti disambung lagi. 
Wasalamualaikum… 

Diposkan pada dailynotesyanti

Camilan Enak yang Berbahaya

Sehat itu mahal, terutama jika Anda bisa menjauh dari serangan penyakit yang berat dan mematikan. Salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti adalah kanker. Tanda dan gejalanya memang bisa diamati, namun tidak jarang  indikasinya baru terlihat ketika penyakit sudah parah. Bagi wanita, kanker yang paling menakutkan mungkin adalah kanker payudara. Karena kanker ini, penyebab kematian pada wanita kian meningkat. Kanker ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya faktor makanan.

Ternyata, ada 4 camilan enak yang berbahaya dan  bisa menyebabkan timbulnya kanker payudara. Apa saja ? yuk cek di bawah ini :

  1. Pop Corn

popcorn

Kalau sedang nonton di bioskop, makanan ini banyak dipilih sebagai camilan. Banyak yang menyukai rasa popcorn karena gurih dan manis. Karena pop corn terbuat dari jagung, mungkin banyak yang berpikir pop corn tidak berbahaya. Nah, Anda harus berhati-hati nih. Ada beberapa produsen pop corn yang menggunakan jagung non-organik yang bahan kimianya cukup tinggi. Selain itu, jika Anda membeli pop corn dalam kemasan, teliti kandungannya. Anda beberapa pop corn yang mengandung perfluorooctanoic acid (PFOA), bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker payudara.

  1. Keripik Kentang

kripik kentng

Siapa yang tidak suka dengan keripik kentang? Garing, gurih, dan bisa menjadi camilan enak yang tepat untuk menemani kegiatan santai seperti main game dan menonton drama korea. Sayangnya, keripik kentang bisa menjadi sumber utama banyak jenis kanker, termasuk kanker payudara. Keripik kentang yang dibumbui mengandung Akrilamida dalam kadar tinggi. Bahan kimia ini adalah zat karsinogenik lain yang diaktifkan dan memang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

  1. Soda

minuman-soda

Soda mungkin bukan sepenuhnya camilan, namun soda hampir selalu menjadi minuman yang Anda nikmati ketika menyantap makanan. Hati-hati, jika dikonsumsi terlalu banyak, soda akan berbahaya bagi tubuh. Selain mengandung gula yang tinggi, soda juga memiliki beberapa tambahan bahan kimia buatan. Hal ini yang akan merusak kesehatan Anda di kemudian hari.

  1. Cookies

cookies

Mungkin cookies adalah salah satu cemilan favorit siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.  Tidak disangka, ternyata  cookies atau kue kering bisa menyebabkan kanker, termasuk kanker payudara. Cookies terbuat dari tepung dan berbagai bahan makanan alami lainnya, namun penggunaan gulanya ini nih yang harus diwaspadai. Cookies biasanya menggunakan gula halus dengan takaran yang cukup tinggi. Gula halus ini bisa meningkatkan insulin dan bisa memancing timbulnya sel kanker.

 

Demikian makanan berbahaya yang harus kita waspadai,  boleh saja makan asal jangan sering-sering dan pahami kandungan dan bahannya ya!

 

 

 

 

 
Sumber artikel : https://journal.sociolla.com/camilan-enak-kanker-payudara/

Diposkan pada dailynotesyanti

Intuisi

Asalamualaikum wr.  wb.

Entah mengapa aku memberi judul postingan ini “Intuisi”. Aku hanya merasa saat ini memiliki intuisi yang kuat. 

Aku mendapatkan berita bagus tanggal 30 September kemarin, bahwa aku lulus seleksi administrasi di Lembaga Pemerintah yang aku lamar. 

Tentu aku sangat mensyukuri hal ini dan ini adalah salah satu kesempatan bagiku untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun,  di sisi lain,  lokasi tesnya berada di Jakarta dan waktu tesnya sebentar lagi,  yaitu tanggal 9 Oktober,  aku harus mengambil keputusan sulit untuk itu,  apakah aku akan ikut atau tidak dalam   tes Seleksi Kompetensi Dasar tersebut.  Seleksi itu merupakan seleksi awal untuk menjadi CPNS dan masih ada tahap-tahap selanjutnya yang harus aku ikuti setelah itu, kalaupun lulus. 

Jujur,  aku sangat gamang.  Aku sangat ingin mencoba mengikuti Tes tersebut,  tapi orang tuaku mengatakan bahwa peluang untuk lolos ke tahap selanjutnya sangatlah kecil sekali.  Aku benar-benar menjadi ciut setelah mereka mengatakan hal itu kepadaku.  Tapi semangatku untuk mengikuti tes itu sangat menggebu-gebu,  kata hatiku mengatakan bahwa aku harus mengikuti tes tersebut.  Aku menjadi sangat gamang sekarang.  Aku bingung dalam mengambil keputusan. 

Rasanya cukup melegakan setelah aku menulisnya disini.  Ada yang bilang menulis itu bisa menyembuhkan,  aku percaya akan hal itu.  Rasanya sedikit lega setelah kamu menulis apa yang terpendam di dalam hatimu. 
Sudah dulu ya curhatnya. 

 Wasalamualaikum wr. wb. 

Diposkan pada dailynotesyanti

Pertanyaan Kapan Yang Mengganggu

Aku merasa akhir-akhir ini terlalu banyak orang yang mengharapkan agar aku segera menikah.  Selain kedua orang tuaku tentunya.  Setiap anak pasti ingin membahagiakan orang tuanya,  salah satunya dengan menikah. Umurku kini sudah hampir 26, umur yang sangat riskan karena aku selalu diburu pertanyaan ‘kapan’.  Dan aku hanya bisa tersenyum menanggapinya.  Bukan karena aku tidak ingin,  tapi Allah Swt belum mempertemukanku dengan orang yang menjadi jodohku. 
Setiap kali memikirkan hal ini,  aku jadi sedih karena orang tuaku juga diberondong pertanyaan yang sama dari tetangga maupun temannya.  Dan apa yang bisa aku lakukan hanyalah diam seribu bahasa ketika ada orang yang menanyakan ke orang tuaku perihal kapan aku menikah. 

Mengapa orang-orang begitu usil mengurusi hidup orang lain,  pikirku.  Aku marah pada diriku dan orang-orang di sekitarku tentang hal ini.  Yang bisa kulakukan hanyalah marah.  Tapi aku tidak bisa menghentikan pertanyaan – pertanyaan yang terus bermunculan dan dipertanyakan ke orangtuaku.

Jujur,  aku merasa sangat terusik dan terganggu oleh semua hal ini.  Bahkan setiap hari aku memikirkan kapan aku dapat menjawab pertanyaan ini.  Aku tidak dapat tidur dengan nyenyak setiap harinya.  Pertanyaan ini seolah menjadi beban yang tidak tau kapan akan berakhir,  kecuali jika aku bisa memenuhi keinginan para penanya itu. 

Mungkin hal yang sama juga dialami wanita lainnya di Indonesia,  dimana wanita yang usianya sudah 20 tahun ke atas selalu ditannyai Kapan akan menikah.  Kebanyakan orang Indonesia beranggapan kalau usia 25 tahun harus segera menikah,  kalau tidak bisa dianggap perawan tua.  Stigma yang muncul di masyarakat sudah tidak dapat diubah lagi walaupun anggapan itu sudah ketinggalan zaman. 

Sekarang yang paling penting adalah memperbaiki diri dahulu dengan sebaik-baiknya. 

Udah dulu ya curhatnya,  Wasalamualaikum. 

Diposkan pada dailynotesyanti

Cara Mencegah Kanker Payudara , Ayo Sadari Sejak Dini!

 kanker payudara                                        

                   Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Bahkan, penyakit ini juga termasuk penyebab kematian utama wanita. Namun jangan terlalu khawatir, ada banyak cara dalam mencegah kanker payudara yang dapat diusahakan sendiri.

Kebiasaan menjalani hidup sehat seperti mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, menjauhi minuman beralkohol, serta aktif berolahraga dapat membantu mencegah kanker payudara.

 

Sebagai Langkah Awal, Kenali Risiko Kanker Payudara

Perlu diketahui bahwa ada risiko-risiko terkait kanker payudara yang tidak dapat dihindari, misalnya faktor genetik, terlahir sebagai wanita, dan sudah berusia tertentu. Meski begitu, masih ada risiko-risiko lain yang bisa Anda pelajari. Mari kita bahas satu-persatu.

Faktor genetik

Tidak dapat dimungkiri, faktor genetik sangat berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya kanker payudara. Faktor ini memberi andil dalam penyakit tersebut sebanyak 5-10 persen. Meskipun demikian, kebanyakan kasus wanita yang terkena kanker payudara sama sekali tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit serupa. Hal ini berarti masih ada harapan tinggi untuk berhasil melakukan cara mencegah kanker payudara melalui gaya hidup yang sehat.

Faktor usia

Pada kasus kanker payudara, makin tua usia wanita dianggap makin berisiko terkena penyakit ini. Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali pada usia di bawah 12 tahun dan wanita yang mengalami menopause setelah usia 51 tahun juga berisiko terkena kanker payudara.

Faktor kehamilan

Wanita dan urusan kehamilan ternyata ada hubungannya dengan kanker payudara. Mereka yang risikonya meningkat terhadap kemungkinan terkena kanker payudara adalah wanita dewasa yang belum pernah hamil, hamil untuk pertama kalinya pada usia di atas 30 tahun, dan melahirkan di atas usia 35 tahun.

Faktor lain

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain yang menjadikan risiko kanker payudara meningkat. Faktor tersebut adalah sudah pernah mengalami kanker payudara sebelumnya, pernah mengalami kanker ovarium, memiliki jaringan payudara yang padat, serta pernah terkena paparan radiasi di daerah dada pada usia kanak-kanak dan remaja.

Sudah Tahu Risikonya, Kini Fokus kepada Upaya Pencegahan

Setelah mengetahui risikonya, cara mencegah kanker payudara dapat dilakukan dengan mengurangi risiko-risiko tersebut dengan hal-hal ini.

Menjaga berat badan tetap ideal

menjaga-berat-badan-ideal

Berat badan erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami pertambahan berat badan atau obesitas setelah masa menopause, memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60 persen. Sementara, wanita yang mengalami pertambahan berat badan atau obesitas sebelum masa menopause, risiko terkena kanker payudara 20-40 persen lebih tinggi dibanding dengan yang mempunyai berat badan normal. Perubahan berat badan dan waktu terjadinya kenaikan berat badan ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon di dalam tubuh. Melihat risiko ini, menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara untuk  mencegah kanker payudara yang dapat Anda lakukan.

 

Utamakan makanan sehat

mengkonsumsayur-dan-buah-adalah-cara-mencegah-kanker-payudara-secara-alamiMeskipun mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar belum memberikan perlindungan yang efektif terhadap kanker payudara, setidaknya hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya dapat lebih berkualitas jika menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak adalah sumber-sumber makanan untuk dihindari sebagai usaha pencegahan yang disarankan.

Luangkan waktu untuk berolahraga

pendinginan setelah berolahraga-960x720

Wanita yang aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi. Standar untuk melakukan olahraga aerobik intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) adalah selama 2 jam 30 menit per minggu.

Hentikan kebiasaan merokok apa pun alasannya

54795901-hello-sehat-1024x681

Anda yang pernah menjadi perokok saja masih memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 13 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Kondisi yang lebih buruk bisa Anda alami jika masih aktif merokok, yaitu 24 persen berisiko lebih tinggi.  Wanita yang sejak usia dini sudah merokok, risikonya menjadi lebih tinggi lagi, yaitu ditambah 12 persen. Satu lagi, wanita yang merokok sebelum kehamilan pertama, risiko akan bertambah sebesar 21 persen. Melihat risiko-risiko ini, berhenti merokok sekarang juga adalah pilihan yang paling tepat.

Membatasi minuman beralkohol

berhenti munum alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 10-12 persen dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Potensi terkena kanker payudara lebih tinggi jika biasa minum lebih dari segelas per hari. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Dalam hal ini sebagai cara mencegah kanker payudara adalah mengurangi asupan alkohol, bahkan disarankan untuk menghentikan sama sekali.

Menyusui bayi secara teratur

Meskipun tingkat penurunan risikonya kecil, menyusui bayi dapat membantu mencegah kanker payudara. Tiap 12 bulan menyusui, risiko terkena kanker payudara dapat berkurang sebesar 4,3 persen.

Membatasi terapi hormon

Terapi hormon biasa dilakukan oleh wanita terkait dengan masa menopause. Terapi yang umumnya menggunakan hormon estrogen dan progesteron ini biasanya bersifat jangka waktu panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Karena itulah, terapi ini berisiko meningkatkan kanker payudara. Namun ketika pemakaian dihentikan, dalam waktu sekitar lima tahun, risiko tersebut dapat kembali berkurang. Apabila Anda benar-benar membutuhkan terapi hormon, konsultasikan kepada dokter agar kadar hormon tersebut dapat dikurangi.

Hindari terkena paparan radiasi

Hindari Paparan-Radiasi-Komputer

Ada beberapa hal yang mungkin membuat Anda terpapar radiasi tingkat tinggi, misalnya penggunaan peralatan kesehatan CT scan, bekerja di tempat pengobatan yang menggunakan radiasi, dan terpapar asap kendaraan, serta bahan-bahan kimia. Lindungi diri Anda dari paparan tersebut dan semaksimal mungkin dihindari.

Mengenali Perubahan-Perubahan yang Ada

Kesadaran untuk menemukan cara mencegah kanker payudara juga dapat dilakukan sendiri dengan mengenali jika ada perubahan pada diri. Hal paling umum untuk mengenali kelainan pada payudara adalah dengan melakukan metode SADARI, yaitu dengan menggunakan tangan. Jangan malas melakukannya sebab sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan payudara dari kanker.

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas dan masih ingin mendapatkan cara mencegah kanker payudara, kunjungi dokter Anda. Minta dokter untuk melakukan mammogram agar Anda mendapat informasi yang lebih akurat. Tujuan lainnya adalah apabila ada tanda-tanda kanker payudara, dapat segera tertangani.

 

 

Sumber Artikel : http://www.alodokter.com/cara-mencegah-kanker-payudara-ternyata-mudah