Posted in dailynotesyanti

REVIEW THE GOOD THIEF

REVIEW : THE GOOD THIEF
By : Itnay Thy Yanti

Hidup tidaklah mudah bagi Ren. Takdir membuatnya harus hidup sebagai anak yatim piatu dan dibesarkan di Panti asuhan Santo Antonius. Takdir pulalah yang membawanya pada Benjamin Nab, seorang pria yang dengan senang hati mengadopsinya dari panti asuhan dan serta merta merubah hidupnya. Semula Ren percaya dengan cerita Benjamin bahwa ia adalah abangnya namun belakangan ia mengetahui bahwa cerita-cerita yang disampaikan pria itu hanyalah cerita-cerita bualan untuk menipu Pater John agar mengijinkan Ren untuk diadopsi. Dia hanya butuh seorang anak laki-laki pembawa keberuntungan yang mampu membantunya melakukan aksinya. Dan anak laki-laki yang tepat adalah Ren, anak cacat dengan sebelah tangan buntung, memiliki parut di tangan kiri yang menyiratkan kepedihan, dan membuat siapapun yang memandangnya merasa kasihan, merasa miris.

Benjamin bercerita banyak hal, membawa Ren pada petualangan yang tak pernah disangka-sangka, mengajarkan banyak hal pada Ren, terutama hal-hal buruk yang tak didapatkannya dari para bruder di Panti Asuhan, hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Tuhannya. Dia mengajarkan Ren segala pengetahuan tentang berbohong, menipu orang, meminta belas kasihan, bahkan mencuri. Bersama seorang sahabat Benjamin, Tom, jadilah mereka trio yang kompak dalam melakukan aksi kejahatan, menjual opium dan melakukan pencurian makam. Dari Benjamin juga Ren belajar tentang bahagianya memiliki seorang keluarga, paling tidak seseorang yang pernah menganggapnya sebagai keponakan sungguhan.

Kemudian Tom, tanpa diduga membuatnya mampu berkumpul kembali bersama kedua sahabatnya di Panti Asuhan, Brom dan Ichy. Berbagai kejadian yang terjadi dalam hidupnya bersama Benjamin, membuat Ren semakin tangguh dalam menjalani hidupnya yang berat sebagai anak jalanan. Dia belajar dari Benjamin bagaimana mencari jalan keluar dan mengambil keputusan. Pertemuan dengan seorang pemilik pondokan, Mrs. Sands, juga membuatnya jadi merasakan memiliki sosok seorang ibu. Hingga akhirnya dia menemukan sebuah titik terang, bagian dari masa lalunya, seseorang yang mengaku sebagai paman Ren, Paman yang bersikap buruk bahkan jahat pada ibu Ren, Margareth McGinty, juga pada Ren, bayi yang dikiranya telah meninggal. Hingga akhirnya terungkap sebuah rahasia besar yang tak pernah diduga Ren, Benjamin Nab ternyata adalah ayah kandungnya, orang yang sangat membuat murka Mc Ginty, pamannya. Dan ketika Mc Ginty terbunuh, Benjamin tahu apa yang harus diperbuat, dia dan Ren harus berpisah untuk waktu yang tak bisa ditetapkan lamanya.

Sang penulis, Hannah Tinti, mampu menyeret pembacanya ke dalam suasana mengharukan, menyedihkan, gelisah, kasihan dan bahagia bercampur sekaligus. Dia mampu menggambarkan tokohnya sedetil mungkin, melukiskan setiap kejadian senyata mungkin hingga kita mampu membayangkan bahkan turut merasakan apa yang dialami tokoh dalam Novel ini, terutama Ren. Sebuah novel terjemahan yang mampu membuat pembacanya tidak bosan membaca kisah ini sampai akhir.

********************************
KETERANGAN BUKU :
Judul : The Good Thief (perjuangan seorang anak jalanan mendapatkan kasih keluarga)
Penulis : Hannah Tinti
Penerjemah : Utti Setiawati
Tahun : 2010, Cet . I
Penerbit : Qanita
Tebal Buku : 444 h ; 20,5 cm
ISBN : 978-602-8579-25-4

Penulis:

Yantinurhida lahir pada tanggal 17 Nopember. Dia anak pertama. memiliki 1 adik laki2 yang sekarang sudah kelas XI SMA. sedang dalam pencarian pekerjaan yang membuatnya merasa menemukan passion-nya. Hobinya adalah menulis, membaca, bermimpi, menggambar, menyanyi asal , nonton film, nonton acara sport, main game dan menonton Running Man. Motto : Selalu OPTIMIS dan pantang menyerah!

2 thoughts on “REVIEW THE GOOD THIEF

  1. buku nya bisa buat hadiah adek w nih..
    mantab… pasti dia bakal cium pipi w banyak bgt.
    hahahahahahaha
    thx ya info nya ..^_^
    oh iya lw ada buku nya? beli dmn?
    kl download bsa ga ?
    minta alamat nya donk?
    hehehehehe..

    1. ade’nya umur brp bulan bang? hehe, kayaknya ga bisa di download deh, soalnya bukunya ga dlm bentuk e-book, kalo mau cari di gramedia terdekat aja,cuman agak susah soalnya trbitn tahun 2010,ni juga dapet nemu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s