Posted in dailynotesyanti

KEGIATAN PUASA : HARI KE -ENAM

KEGIATAN PUASA : HARI KE -ENAM

By : YantiNurhida (Write at 15 Juni 2013)

Kalian ngapain aja puasa ini? Gue sih banyak kesibukan (bangun tidur -tidur lagi-bangun tidur-tidur lagi-ngecek TL-tidur lagi-gak kerasa udah mau buka- buka puasa-taraweh-tidur-sahur-nonton TV-tidur lagi) ya kira-kira gitu deh aktivitas gue yang amat sangat menyita waktu, apa boleh buat, pengangguran kayak gue emang cocoknya begitu, wehehehe. Kalo nggak tidur dan browsing2, gue bantuin tante gue buat survei, survei Lingkungan hidup gitu deh, lumayan buat nambah pengalaman, kalo nambah uang jajan sih nggak sama sekali, jadi kami ke rumah-rumah orang nggak dikenal, mengendap-ngendap, terus cari-cari barang berharganya terus dikantongin, buset ini sih namanya maling #Salah, maksudnya gue ke rumah-rumah orang yang ada dalam satu Rukun Tetangga, terus nyurvei kurang lebih sepuluh buah rumah buat jadi sampel, terus rumahnya ditanyain siapa nama kepala rumah tangga ama anggota rumahnya siapa aja, lahir tahun berapa, pokoknya menurut gue pertanyaan ini adalah pertanyaan paling ngorek urusan pribadi orang lain deh, namanya juga BPS (Badan Pusat Statistik). Jadi data yang kami ambil musti valid dan ditanyain bener-bener ke sampelnya.
Kurang lebih ada seratus buah pertanyaan (kalo nggak salah sih) yang berkaitan sama kebiasaan lingkungan hidup. Buset, pertanyaannya banyak amat yak, mulut tante gue aja ampe ngeluarin buih-buih putih gitu, hehehe. Nah, menurut kalian semua yang kece-kece, menjaga lingkungan hidup itu penting nggak sih? seberapa penting? apa sangat penting, nggak penting, kurang penting atau penting ajah? kalo bagi gue sih, penting bingits, tapi dalam penerapannya sehari-hari kita suka mengabaikan semua itu meskipun kita semua pasti mengaku cinta lingkungan.
Diantara pertanyaan-pertanyaan yang bejibun itu, ada yang menyangkut tentang : Dimana loe biasanya buang sampah? asli, ni pertanyaan Kepo abis, ya teserah lah mau dibuang dimana, bukan urusan loe kali, mungkin itu jawaban dari orang yang nggak suka hidupnya dikepo-kepoin. Terus ada juga yang menyangkut ‘kalo loe ada sepatu atau barang bekas, loe apain?’ kebanyakan sampel menjawab dikasihin ke orang yang ngebutuhin, gue yakin itu jawaban pencitraan banget, tapi ada juga yang ngejawab kalo pakaian bekasnya dijadiin pel, lumayan lah biar efisien, lagian nggak mungkin juga kan baju bolong-bolong loe kasihin ke orang lain, pastinya cuma gembel yang mau nerima baju bolong, itupun kalo dia lagi mood, kalo nggak, giamana? nah biar lebih efisien dijadiin pel lantai aja.
Ada juga pertanyaan : Apakah kalo loe buang sampah, tu sampah dipilah-pilah dulu antara sampah plastik, sampah sayuran (organik atau sampah non organik)?. Dan kebanyakan sampel banyak yang pura-pura nggak tau cara milahnya gimana atau beralasan nggak ada waktu buat ngelakuin gituan, tante gue sih nulisnya ‘Males’ sebagai alasan utama mereka nggak memilah-milah sampah sebelum dibuang, soalnya mereka pas ditanya gitu jawabnya rada males-malesan, takut dikatain jorok kali ya kalo sampah pampers bayi dicampur sama sampah plastik ama sayur-sayuran ,,, sumpah ini menjijikkan banget #Hoeeekk.
Trus ada juga pertanyaan tentang barang elektronik apa aja yang loe punya, ini berkaitan dengan energi listrik dan pemanasan global, makin banyak daya listrik dan alat elektronik yang loe punya , makin menyebabkan krisis energi dan pemanasan global. Selain itu, loe punya tanaman apa aja di rumah? apa rumah loe juga nanam rumput yang bisa nyerap air? gimana sistem pembuangan sampah rumah tangga di rumah loe? loe pernah kerja bakti bersih-bersih lingkungan nggak? ya gitu-gitu pertanyaannya. Udah gitu, ditanyain juga, perilaku loe dalam menggunakan air, kalo nyuci, loe pake air keran mengalir atau air yang ditampung dalam bak, kalo pake mesin cuci, loe butuh berapa kali bilasan? ini ada hubungannya sama pencemaran air dan pemborosan air. Seberapa sering loe biarin TV/ tape/ DVD/ pompa air menyala saat loe nggak perlu atau saat loe nggak ada? ada juga pertanyaan tentang seberapa sering loe pake kendaraan umum untuk bepergian, ternyata sebagian besar masyarakats ekarang nggak suka pake kendaraan umum dan milih pake kendaraan sendiri-sendiri, padahal itu bikin polusi tau, dari banyaknya asap kendaraan yang ebrmunculan, itu bakal mengotori udara, udah gitu, bahan bakar yang kita pakai bahan bakar fosil (BBM) otomatis kalo kita lebay dan suka makai sepeda motor/ mobil buat keperluan nggak penting, kita ikut-ikutan menambang bumi, logikanya sih gitu menurut hasil penelitian gue, halah. Selain itu juga ditanyain apa loe melakukan service (pengecekan) kendaraan secara berkala, ini penting banget deh, dengan makin sering kendaraan di cek kondisinya, asap buang yang dihasilkan knalpotnya juga makin bagus, jadi udara agak sedikit terkurangi polusinya, lain halnya dengan kendaraan yang dibiarin gitu aja, nggak pernah diservice dan diganti olinya, pastinya bakal cepat rusak dan asap knalpotnya, naudzubillah mencemari pernafasan banget.
Kalo gue tulis semua isi pertanyaan yang ada di survei itu, kalian semua pasti pada muntah kali ya, gegara kelamaan. Ya udah gue kasih tau pertanyaan akhirnya aja ya. Di akhir survei, pertanyaannya kayak main kuis gitu, cuma cukup jawab ‘True or False’ Bener apa Salah’,
ini beberapa pertanyaan yang musti dijawab salah apa bener, check it out :
– Sampah organik, non organik , sampah plastik sama sampah non plastik, nggak perlu dipilah-pilah dulu sebelum dibuang? (True or False)
– Membakar sampah dapat membuat pencemaran di udara? (True or False)
– Mengecek kondisi kendaraan (service motor) secara berkala, nggak ada kaitannya sama menjaga lingkungan? (True or False)
– Menyalakan keran air saat nggak digunakan, merupakan perilaku pemborosan air? (True or False)
– Menutup Panci saat memasak dapat menghemat bahan bakar? (True or False)
– Setiap rumah perlu menyediakan area resapan air (True or Flase)

Nah, kurang lebih itu pertanyaan yang musti Ibu-ibu/ Bapak-bapak jawab kalau lagi di survei lingkungan hidup sama tante gue dan gue. Banyak kan? pertanyaan ini penting lho buat menteri lingkungan hidup kita untuk ngambil kebijakan dan mengetahui seberapa parah kebiasaan lingkungan hidup masyarakatnya.
Udah ya, gue cape beud nih ngetiknya, ntar kita sambung lagi. Gue mau ngelanjutin misi penting dulu (beberes rumah) , jangan lupa salam sayang dari gue buat tanaman-tanaman kalian di rumah yang unyu-unyu, dengan nanam satu pohon, kita bisa ikut nyumbang kelestarian lingkungan dan bagus juga buat ngurangin polusi di bumi. So… kalo bukan kita, siapa lagi ? Ya kan?

Penulis:

Yantinurhida lahir pada tanggal 17 Nopember. Dia anak pertama. memiliki 1 adik laki2 yang sekarang sudah kelas XI SMA. sedang dalam pencarian pekerjaan yang membuatnya merasa menemukan passion-nya. Hobinya adalah menulis, membaca, bermimpi, menggambar, menyanyi asal , nonton film, nonton acara sport, main game dan menonton Running Man. Motto : Selalu OPTIMIS dan pantang menyerah!

One thought on “KEGIATAN PUASA : HARI KE -ENAM

  1. #garuk-garuk kepala. pertanyaan-pertanyaannya ga terbesit dalam pikiran saya,tapi menjaga lingkungan hidup memang penting banget,soalnya kita belum dapat tempat hunian di planet yang lain yang seadem di Bumi,hehehehe…,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s