Posted in dailynotesyanti

INI DIA YANG BIKIN NAFSU MAKAN BERKURANG

INI DIA YANG BIKIN NAFSU MAKAN BERKURANG
By :Yanti at 26 Juli 2013

Kali ini aku mau berbagi info kesehatan nih, guys… tapi kalo mau konsultasi kesehatan, tanya sama dokter aja ya, karena aku nggak punya ilmu tentang kesehatan sama sekali (Lha wong aku ngambil kuliah ekonomi) aku cuma mau share aja sama kalian. BTW, Kalian sering mengalami gangguan nafsu makan nggak? kalo aku sih, lumayan sering mengalami hal tersebut, terutama jaman-jaman SMP-SMA dulu, susah banget disuruh makan, kalo disuruh makan selalu jawabannnya ‘nanti aja, belom laper’. Mungkin salah satu faktor di bawah ini yang menyebabkan aku sering nggak nafsu makan ya. Ya udah simak ya KulKes (Kuliah Kesehatan) nya….
Makanan dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas. Namun dalam beberapa kondisi, nafsu makan seseorang bisa berkurang yang membuatnya malas makan. Apa saja yang bikin nafsu makan berkurang?
Bagi orang yang terlalu kurus, nafsu makan sangat penting untuk dapat menaikkan berat badan. Berikut beberapa faktor yang dapat menurunkan nafsu makan, seperti yang dilansir Lifemojo :
1. Usia

Seiring bertambahnya usia, indera perasa dan bau akan berubah menjadi kurang peka dan hal ini akan membuat orang dengan mudah kehilangan minat dalam makanan.

2. Kanker dan AIDS

Ini adalah kondisi medis parah yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan yang signifikan. Bahkan obat yang diresepkan untuk penyakit bekerja untuk emmbatasi nafsu makan.

3. Gangguan Pencernaan

Masalah lambung seperti sembelit, diare, gas perut berlebihan, masalah hati, penyakit Crohn, semua dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

4. Stres

Stres sering berhubungan dengan makan berlebih, tetapi fakta membuktikan bahwa banyak orang tidak nafsu makan karena sedang mengalami stres. Stres menurunkan keinginan dan minat orang terhadap makanan. Gangguan mood dan depresi juga terkait dengan rendahnya nafsu amkan.

kurang nafsu makan

5. Gangguan makan

Beberapa orang sengaja mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan atau tampak kurus. Nafsu makan yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan makan seperti anorexia nervosa , yaitu suatu kondisi dimana seseorang membentuk citra diri yang salah, ingin nampak kurus dengan mengurangi makan dan memperbanyak olahraga.

6. Demam

Lidah kehilangan rasa bila kondisi tubuh sedang demam dan karena itulah seseorang akan kehilangan minatnya dalam makanan.

7. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine dapat menekan nafsu makan pada seseorang.

Dikutip dari : harian Radar Bjm Kolom Medika

Penulis:

Yantinurhida lahir pada tanggal 17 Nopember. Dia anak pertama. memiliki 1 adik laki2 yang sekarang sudah kelas XI SMA. sedang dalam pencarian pekerjaan yang membuatnya merasa menemukan passion-nya. Hobinya adalah menulis, membaca, bermimpi, menggambar, menyanyi asal , nonton film, nonton acara sport, main game dan menonton Running Man. Motto : Selalu OPTIMIS dan pantang menyerah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s