Posted in dailynotesyanti

BUBUR ASYURA, AIR TOLAK BALA DAN PROPOSAL

DAILYNOTES YANTI
BUBUR ASURA, AIR TOLAK BALA DAN PROPOSAL

Ditulis : Sabtu, 16 Nopember 2013

 

 

Hmm, kasian blog ini, udah lama gue biarin dia terlantar, untung nggak ngemis di trotoar. Gue mau minta maaf yang selebar-lebarnya dan sedalam-dalamnya buat blog gue, karena gue udah biarin dia hidup dalam kemiskinan selama beberapa bulan ini, gue bahkan sampe lupa kapan terakhir kali gue bikin postingan baru. Oke, sebagai ganjarannya dan atas semua rasa bersalah gue, kali ini gue akan cerita’in banyak hal.

Horeee, akhirnya gue ngirim proposal, tepatnya hari Kamis, 14 Nopember kemaren, gue bahagia banget. Sepulang dari ngantar proposal ke Banjarmasin, gue senyum-senyum sambil nyanyi-nyanyi lagu Inul Daratista yang judulnya ‘Masa Lalu’ di jalan. Nyokap sampai geleng-geleng liat kelakuan gue sambil ngurut-ngurut dada, untungnya gue nggak sambil goyang ngebor di atas sepeda motor, bayangin apa jadinya kalo gue sampai kayak gitu, pasti nyokap langsung ngirim gue ke Rumah Sakit Jiwa ‘Sambang Lihum’ di Gambut. Habis, mau gimana dong, gue lagi seneng banget. Gue tinggal nunggu dua minggu, kurang lebih akhir Nopember ini buat ke Banjarmasin lagi dan ngambil surat penunjukkan pembimbing skripsi gue nanti.

Alhamdulillah, ini pasti berkat gue minum ‘Banyu Tolak Bala’, sejenis air buat tolak bala yang dibacakan do’a – do’a dan shalawat, air itu didapat pas Mama tadi pergi ke Langgar buat ‘meminyaki anak yatim’, kalian tahu kalo 14 Nopember 2013 kemarin (tanggal 10 Muharram) hari anak yatim kan? Nah, kalau di kampung gue selalu ada tradisi bernama ‘Meminyaki Anak Yatim’ di langgar, jadi semua anak yatim dikasih minyak wangi di kepalanya, sehelai rambut yang terkena minyak wangi dari tangan orang yang mencipratkannya, konon katanya mendapat pahala besar banget. Makanya nyokap numpahin sebotol minyak wangi tiap satu kepala anak yatim, alhasil tuh kepala anak-anak jadi kinclong akibat kebanyakan minyak wangi, mungkin maksud nyokap biar dapat pahala yang gede banget gitu, nyokap gue gitu loh, hahaha. Nah, selain itu para ibu-ibu pagi-pagi buta gotong-royong untuk membuat bubur bernama Bubur Asura yang sudah terkenal kelezatannya hingga ke seluruh pelosok kampung itu. Jadi isi bubur itu ada suwiran ayam, wortel, kacang –kacangan (kacang tanah, kacang putih, kacang polong), daun bawang, wortel, seledri, buncis dan kacang panjang, segala jenis sayuran ada disitu, rasanya gurih, pokoknya ‘Uenak Tenan’ deh dan kaldu ayamnya terasa banget.

Selain bikin bubur itu, setiap ibu-ibu wajib memberikan sumbangan sukarela pada anak-anak yatim itu. Katanya sukarela, tapi kok wajib yah? aneh. Gue yakin banget nyokap paling semangat kalo masalah ngasih amplop buat anak-anak kurang beruntung itu. Gue jadi ngerasa bersyukur masih punya orang tua yang lengkap, apa jadinya kalo gue jadi anak Yatim, mungkin nama gue bukan Yanti seperti sekarang ini.

Cuman yang jadi problema, ini kenapa anak yang ortunya lengkap juga ikut-ikutan ngantri minta amplop ya, rupanya mental ‘doyan gratisan’ sudah melekat sampai ke anak-anak di bawah umur, bukan cuma orang yang udah berumur doyan amplop, anak kecil juga, meskipun itu haknya anak-anak yatim, tapi namanya juga anak kecil, mana bisa sih nggak kasian, makanya mereka tetap dapet amplop juga. Coba kalo gue ikutan ngantri amplop juga, nyokap pasti bakal kehilangan muka dihadapan ibu-ibu satu RT, udah bukan anak kecil, bisa-bisanya ngaku-ngaku yatim, padahal bapak – ibunya masih lengkap, ngga tau diri kan. Oiya, pada hari Asura ini, biasanya anak yatim bisa dapat uang sampai ratusan ribu, wah lumayan juga ya.

BTW, gue hari ini kuliah jam empat sore dan kali ini gue datang on time, nggak kayak biasanya. Biasanya sih gue telat lima sampai sepuluh menit, bahkan kadang kuliah udah selesai, gue baru dateng, lah gimana nggak bubaran, dosennya cuman masuk sepuluh menit doang buat ngasih tugas dan gue dateng telat sepuluh menit, ya kelas udah bubar, akhirnya gue datang cuma buat tanda tangan absen doang, hehehe. Itulah kebiasan buruk anak kuliahan (mungkin cuma gue), dateng telat lima menit itu menurut gue keren, seni-nya kuliah ya itu, coba pas SD sampe SMA, mesti kita duluan yang dateng daripada guru, artinya murid nungguin guru, nah setelah masa-masa kuliah, Mahasiswanya yang suka telat, Dosen yang nungguin Mahasiswa, kurang ajar banget kan mahasiswa yang satu ini.

**************************

Penulis:

Yantinurhida lahir pada tanggal 17 Nopember. Dia anak pertama. memiliki 1 adik laki2 yang sekarang sudah kelas XI SMA. sedang dalam pencarian pekerjaan yang membuatnya merasa menemukan passion-nya. Hobinya adalah menulis, membaca, bermimpi, menggambar, menyanyi asal , nonton film, nonton acara sport, main game dan menonton Running Man. Motto : Selalu OPTIMIS dan pantang menyerah!

2 thoughts on “BUBUR ASYURA, AIR TOLAK BALA DAN PROPOSAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s