Posted in dailynotesyanti

DANAU BIRU YANG MEMPESONA

Oleh : Yanti Nurhida

@ 03 Juni 2015

                Sebuah destinasi wisata baru di Kabupaten Banjar bernama ‘Danau Biru’ merupakan sebuah obyek wisata danau jernih berwarna biru yang terletak di Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru. Obyek wisata ini menyajikan pemandangan danau yang berwarna biru yang luas dan pasir berwarna putih disekelilingnya. Danau ini sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal misalnya dari Banjarmasin karena obyek wisata ini cukup booming di media sosial. Anda yang pergi dari Martapura bisa menempuh perjalanan melalui Liang Anggang untuk sampai ke tempat ini, yaitu melewati Jalan menuju Mustika Dunia Fantasi, kemudian lurus saja, disana anda akan menemukan simpang tiga setelah melewati SMKN 4 lalu anda bisa belok kanan lalu terus saja dan anda akan bisa menikmati pemandangan danau biru yang indah dan mempesona. Sudah cukup banyak media yang meliput dan mengangkat berita seputar danau di Desa Tambak Padi ini, baik media cetak maupun media elektronik karena tertarik dengan keindahan danau ini.

Berikut foto yang dapat saya ambil di Danau Biru Desa Tambak Padi :

danau biru 1

20150603-002

20150603-003

Sesampai di tempat ini anda bisa berselfie ria atau sekedar menikmati pemandangan danau biru dan mengabadikan foto danau ini dan anda bisa mengambil foto dari berbagai sisi. Menuju tempat ini anda bisa menaiki kendaraan pribadi atau naik mobil, kalau dari Martapura anda bisa menempuh perjalanan selama ± 2 jam perjalanan dan lebih dekat kalau dari arah Banjarmasin.

Akses jalan menuju lokasi obyek wisata ini bisa melalui Liang Anggang dan jalannya berupa tanah putih keras yang belum beraspal, jalanan ini cukup lebar dan bisa dilalui bus kecil tetapi kondisi jalan di sekitar cukup sepi karena itu sebaiknya anda pergi bersama teman-teman/ tidak sendirian, di jalan anda akan berpapasan dengan beberapa truk pengangkut batu dan pasir yang melewati jalan ini. Untuk masuk ke Danau Biru ini sangat murah, hanya dikenakan biaya parkir, yaitu Rp 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000,- untuk mobil roda empat, tanpa karcis masuk. Setelah itu anda bisa sepuasnya berlama-lama memanjakan mata dengan menikmati pemandangan Danau Biru, di sekitar obyek wisata ada warung yang menjual makanan kecil, mie instan dan minuman seperti air mineral, teh kemasan dan soda, juga ada beberapa pedagang bersepeda motor yang berdagang aneka jajanan/ makanan kecil.

Selain menikmati pemandangan, bersantai/piknik dan berselfie ria, anda juga bisa berenang di danau ini, tentunya bagi kalian yang bisa berenang. Namun, sayangnya di tempat ini belum ada kamar kecil/ kamar ganti, sehingga bagi anda yang ingin sekalian berenang, cukup sulit untuk mencari tempat berganti pakaian.

Obyek wisata ini terbilang baru di Kabupaten Banjar, karena obyek wisata ini cukup jauh letaknya dari Ibukota Kabupaten Banjar yaitu Martapura, tetapi jangan khawatir meskipun jauh, hasil yang kita dapatkan sepadan yaitu dapat menikmati indahnya pemandangan ‘Danau Biru’ yang sangat menawan. Saya yakin dengan adanya perawatan dan fasilitas yang menunjang maka obyek wisata ini bisa lebih baik dan lebih terkenal bahkan ke seluruh Indonesia.

Danau ini memang tidak terbentuk alami, bekas galian tambang pasir, namun warna biru yang dihasilkan danau ini berasal dari Ganggang warna hijau dan biru yang tumbuh dan hidup di dalam danau ini. Jadi bisa dikatakan bahwa warna birunya merupakan warna alami, bukan buatan manusia. Kalau kita bisa memelihara obyek wisata ini, pastinya kita akan bisa terus menikmati keindahan danau ini. Tips saja, bagi anda yang ingin ke Danau Biru di siang hari apalagi di musim panas, sebaiknya membawa payung karena matahari bersinar cukup terik di siang hari dan di sekitar danau belum tersedia tenda/ tempat berteduh/ gazebo. Masyarakat biasanya mengunjungi danau ini di sore hari saat matahari tidak terlalu terik, tetapi kalau kita datang dari Martapura agak rawan juga kalau datang ke tempat ini di sore hari karena jalanannya cukup sepi.

Pada hari libur (Minggu) merupakan puncak jumlah kunjungan wisatawan, karena kata RT setempat pengunjung bisa mencapai 5.000 orang dan tempat parkir sangat penuh. Di sekitar danau ditumbuhi beberapa tanaman perdu dan kadang angin berhembus sepoi-sepoi sehingga mengurangi udara panas dari paparan sinar matahari di danau ini.

Itulah ulasan saya mengenai obyek wisata ‘Danau Biru’. Mari kita sama-sama melestarikan obyek wisata yang ada di wilayah kita agar tetap asri dan terjaga dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya.

Wasalamulaikum.

Penulis:

Yantinurhida lahir pada tanggal 17 Nopember. Dia anak pertama. memiliki 1 adik laki2 yang sekarang sudah kelas XI SMA. sedang dalam pencarian pekerjaan yang membuatnya merasa menemukan passion-nya. Hobinya adalah menulis, membaca, bermimpi, menggambar, menyanyi asal , nonton film, nonton acara sport, main game dan menonton Running Man. Motto : Selalu OPTIMIS dan pantang menyerah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s