Diposkan pada dailynotesyanti

Alam dan MANUSIA

Asalamualaikum..

Alhamdulillah hari ini bisa ngebikin postingan baru.

Kalian ngerasa nggak sih kalau cuaca akhir-akhir ini panasnya ekstrim, beberapa daerah di Indonesia bahkan banyak yang mengalami kekeringan dan para petani banyak yang gagal panen, kasihan sekali. Berasa nggak sih perbedaannya sama dulu? aku lahir tahun 91 dan waktu aku kecil rasanya udara nggak sepanas sekarang. Berasa nggak kalau bumi ini udah semakin berubah?  terutama karena beberapa oknum manusia yang mengambil keuntungan dari alam tapi malah merusaknya seperti pertambangan dan eksploitasi minyak bumi, penebangan hutan dan berbagai pencemaran yang kita ciptakan. Kayaknya aku mulai ngerasa kasihan sama  bumi ini. Baik secara sadar atau nggak, kita juga ikut berkontribusi merusak bumi, misal penggunaan AC, Kulkas, gas freon semua itu merusak lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar UV. Juga kita sering boros air mentang-mentang kita dapat memperolehnya dengan mudah. Selain itu juga pemborosan listrik, juga asap kendaraan yang kita timbulkan. Kadang aku prihatin sama bumi ini.

Tapi kadang aku juga merasa ikut andil dalam kerusakan bumi. Misalnya banyaknya penggunaan plastik, padahal plastik kan polutan tanah yang susah hancur walau bertahun -tahun, lalu stereofoam pembungkus makanan yang juga menimbulkan tumpukan polutan di tanah, membuang air deterjen ke tanah dan air padahal banyak bahan kimianya kan di dalam deterjen. Aku juga sering ngeborosin listrik, terutama seringnya ngebiarin lampu kamar menyala padahal udah siang. Lalu suka ngeboros-borosin air dan ngebuang-buang air. Ngeborosin tisue, padahal dalam sekotak tisue ada berapa pohon di hutan yang kita korbankan. Juga pencemaran  udara yang kutimbulkan dari asap kendaraan. Zaman  yang makin maju dan berkembang ini malah membuat alam dan bumi makin rusak. Padahal kita harusnya bisa bersahabat dengan alam, karena kalau alam tidak rusak maka bumi ini tidak akan sepanas sekarang. Dan bila alam dan manusia hidup berdampingan maka manusia jualah yang akan memetik keuntungan seperti mendapat tanah yang subur, tidak ada kekeringan dan bisa menghirup udara bersih. Alam memberi segala yang manusia perlukan di kehidupan.

Go Green!

Wasalamualaikum…..

Martapura,  10-08-1015

Iklan

Penulis:

Yantinurhida lahir pada tanggal 17 Nopember. Dia sulung dari dua bersaudara. memiliki 1 orang adik laki-laki yang sekarang sedang duduk di kelas XI SMA. Sedang dalam pencarian pekerjaan yang membuatnya merasa menemukan passion-nya. Hobinya adalah menulis blog, membaca, bermimpi, menggambar, menyanyi asal , nonton film, nonton acara sport, main game dan menonton Running Man. Motto : Selalu OPTIMIS dan pantang menyerah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s