Diposkan pada dailynotesyanti

Kesehatan yang harus disyukuri

Asalamualaikum wr wb

Hai,  para blogger dan pembaca yang baik hati.  Bagaimana kabar kalian? 

Mudah-mudahan baik – baik semuanya ya,  amin. 

Aku lagi sakit.  Suhu badan tinggi, pilek, batuk dan anemia.  Sudah ke dokter hari Selasa yang lalu dan diberi surat sakit untuk dua hari.  Jadi sudah dua hari dengan hari ini aku nggak ke kantor,  di rumah saja.  Walaupun rasanya sangat membosankan ketika di rumah,  tapi istirahat adalah cara terbaik untuk cepat sembuh dari sakit. 

Pada saat sakit seperti ini, dokter memberiku banyak pantangan makanan.  Dan semua makanan itu adalah yang aku sukai.  Katanya, jangan makan goreng-gorengan,  yang mengandung penyedap,  vetsin,  lada dan pengawet.  Jangan makan bakso, mie goreng,  mie ayam, gorengan, nasi goreng, yang bersantan, dsb. 

Semua yang dilarang adalah makanan yang enak.  Dan yang paling  aku benci untuk dimakan adalah bubur dan kini aku harus makan bubur, yang isinya hanya beras dan sayur. Dan rasanya benar-benar hambar, kayak hidupku yang nggak ada rasanya. 

Dan saat sakit harusnya aku nggak sibuk main hp, tapi aku bosan seharian cuma bisa tiduran dan katanya kebanyakan tidur juga nggak baik buat kesehatan. 

Mungkin saat diberi sehat,  aku lupa untuk bersyukur.  Makanya aku diberi ujian sakit (lagi),  dalam bulan ini aku sudah 2 kali sakit.  Awal bulan dan sekarang pada  tanggal 22 Agustus sampai hari ini masih sakit. 

Sakit juga ujian yang harus dijalani dengan penuh keikhlasan dan sabar. 

Mungkin aku memang harus mensyukuri apa yang aku punya sebelum aku kehilangannya.  Kesehatan itu mahal sekali harganya dan kita semua harus menyadari kalau menjaga kesehatan sangatlah penting. 

Baru-baru ini aku periksa kesehatan di stand sebuah acara expo dan ternyata lemak perutku kelebihan lagi,  ya ampuun.  Tahun lalu saja udah lebihan,  sekarang malah nambah lagi.  Trus pas cek kolesterol, aku kaget sama hasilnya,  karena kolesterolku di atas ambang batas normal.  Ga nyangka banget di umurku yang masih muda,  kolesterolku bisa tinggi juga. Aku sedikit terkejut sih melihat hasil cek kesehatan itu.  Dan berat badanku juga naik lagi (naik 1,6 kilogram).  Aku nggak  menyangka aja ternyata aku bisa punya berat seperti ini,  soalnya 4 tahun lalu aku pernah punya berat sangat ideal,  45 Kg. 

Ternyata pola hidup bisa sangat mempengaruhi segala aspek hidup kita.  Terutama karena aku sangat suka tidur larut malam dan makan nggak teratur. 

Terus tengah malam masih suka cemal cemil,  selain ngemil,  akhir-akhir ini aku suka sekali minum air putih,  berhubung suka batuk-batuk dan saran dokter banyakin minum air putih, akhirnya aku minum air terus dan beratku ikut naik juga.  Mungkin porsi minumku juga kebanyakan. 

Intinya apapun yang berlebihan itu nggak akan baik,  hidup harus tetap seimbang.  Tetap sering bergerak dan jangan cuma duduk aja, makan di jam yang tepat, tidur harus cukup dan jangan begadang, pikiran juga harus bebas.  Ini sih yang paling sulit dilakukan,  karena mengosongkan pikiran dari segala masalah yang harus dihadapi itu sangat sulit.  Aku sakit ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh pikiran yang nggak sehat,  rasa khawatir dan beban akan masalah yang setiap manusia pasti memilikinya. 

Semakin dewasa,  akan semakin banyak tanggung jawab yang harus kita pikul. Kita tidak bisa menolaknya, karena itu sudah takdir.  Dan dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada kita harus lebih sabar. 

Udah dulu ya,  Wasalamualaikum. 

Iklan
Diposkan pada dailynotesyanti

Jadilah orang baik

Pernah kecewa karena seseorang yang tak mendukungmu?  Tak mempedulikan hasil kerjamu atau teman kerja yang tidak membantumu? 

Disaat seperti itulah kita sering merasa tidak adil,  dunia terasa tidak adil karena kita tidak diperlakukan dengan baik oleh orang lain.  Maka lakukan hal sebaliknya.  Walau kau merasa orang lain kejam terhadapmu,  dunia kejam terhadapmu. 

Bantulah dengan ikhlas,  sekalipun tak ada yang pernah berterima kasih atau memuji bantuanmu.  Jadilah baik meskipun orang lain bersikap jahat kepadamu.  Jadilah orang yang baik dan tetap ikhlas walau banyak yang membencimu. 

Hiduplah dengan ikhlas dan tanpa pamrih.  Tuhan akan menilai semua kebaikanmu walaupun manusia tidak ada yang mengetahuinya. 

Diposkan pada dailynotesyanti

Review Baran

Asalamualaikum wr. wb

 

Hai, para blogger yang masih setia nge-blog atau blogwalking, para pembaca yang   bersedia membaca postingan ini.

Kali ini aku mau memberi review tentang film Baran, film yang merupakan film lawas asal negara Iran.

Keterangan Film :

Judul : Baran (Hujan)

Sutradara : Majid Majidi

Produser : Majid Majidi & Fouad Nahas

Ditulis oleh : Majid Majidi
Dibintangi oleh : Hossein Abedini, Zahra Bahrami, Mohammad Amir Naji, Abbas Rahimi, Gholam Ali Bakhshi
Tanggal Rilis : 31 Januari 2001

Film ini aku dapatkan  kemarin dan ternyata aku cukup menyukai film Iran ini. Dari Lima bintang kuberikan 3,5 Bintang pada Film besutan Majid Majidi. Sejujurnya ini adalah Film kedua yang aku tonton setelah Children of Heaven, film mengharukan tentang Kakak Beradik tentang sebuah sepatu, yang merupakan salah satu film besutan Majid Majidi.

Ada beberapa adegan mengharukan tapi tidak sampai membuatku berurai air mata.

Baran adalah seorang gadis imigran asal Afghanistan yang menyamar menjadi laki-laki. Hal ini terpaksa dia lakukan demi menggantikan pekerjaan sang Ayah yang mengalami kecelakaan saat bekerja di bangunan. Lateef adalah seorang pemuda yang bekerja sebagai pelayan di bangunan tersebut sebagai pembuat teh, pencuci baju dan membelibarang-barang kebutuhan para pekerja bangunan. Awalnya Lateef sangat membenci kedatangan Baran yang menyamar menjadi laki-laki bernama Rahmat. Dia terus mengerjai Rahmat dan menyulitkan pekerjaannya di dapur. Hingga suatu hari Lateef mendapati kenyataan bahwa Rahmat ternyata adalah wanita Afghan yang menyamar.

Lateef mulai menyukai Rahmat yang diketahuinya sebagai wanita. Dia mengintip Rahmat diam-diam untuk mengawasi gerak-geriknya yang membuatnya tertarik.

Suatu hari pengawas pemerintah datang untuk melakukan inspeksi ke bangunan tempat Lateef bekerja, dimana pemerintah Iran melarang imigran gelap asal Afghaistan bekerja di Iran. Rahmat hampir saja ditangkap jika bukan karena bantuan Lateef yang menghalangi petugas pemerintah. Karena kejadian itu, Lateef ditangkap dan bosnya harus membebaskannya dan diberi sangsi memberhentikan semua pekerja ilegal asal Afghan.

Lateef sedih karena Rahmat diberhentikan dan dia terus memikirkan tentang Rahmat.

Lateef menagih semua uang hasil bekerjanya selama setahun di konstruksi kepada Bosnya yang kejam bernama Ma’mar. Uang itu kemudian ia titipkan pada sahabat Ayah Baran bernama Sulthan.

Lateef tidak menyangka bahwa uang itu akan dipakai Sulthan untuk pulang ke Afghanistan padahal uangnya untuk membantu ayah Baran yang kakinya patah.

Lateef juga mengambil semua uang tabungannya untuk membelikan tongkat berjalan untuk Najaf, Ayah Baran tanpa diketahui siapapun. Jadi bisa dibilang Lateef adalah laki-laki yang pengecut mengatakan maksud hatinya ke Baran atau Ayahnya. Mungkin karena dia masih muda atau rasa takutnya terlalu besar sampai tidak berani membantu Baran secara langsung. Hal ini yang membuat aku sebagai penonton menjadi geregetan ke Lateef.

Niat mulianya nggak diketahui siapapun.

Film ini  memiliki akhiran yang cukup gantung. Karena penonton hanya bisa berspekulasi sendiri dan bertanya-tanya apakah pada akhirnya Lateef merelakan begitu saja kepergian Baran atau Lateef akan berusaha menyusul Baran.

Film ini berakhir dengan adegan baran atau jika diartikan secara harfiah adalah hujan.

Namun banyak pesan moral yang disuguhkan dalam film ini terutama pengorbanan yang ditunjukan Lateef untuk orang yang dikasihinya yaitu Baran. Walau Baran tidak membalas perasaannya. Menurutku kalau Lateef berterus terang sejak awal mungkin saja Ia dan Baran dapat bersama, namun ditengah rintangan yang begitu besar yaitu beda kewarganegaraan dan keadaan ekonomi yang pas-pasan tentu ini bukanlah hal yang mudah diatasi.

Film romantis Iran tidak menyelipkan adegan-adegan seperti film negara lain, misalnya Indonesia. Tidak ada adegan dimana mereka bergandengan tangan atau berpelukan. Yang ada hanya tatapan  penuh makna yang tersirat dari mata kedua tokoh utama. Namun, tidak menghilangkan esensi dari keromantisan itu sendiri.

Film yang terlihat sederhana namun memberikan makna yang sangat mendalam kepada penontonnya. Jadi tidak sabar untuk menonton film Iran lainnya.

Diposkan pada dailynotesyanti

I’m sick

Asalamualaikum… 

Hola… semuanya… 

Semoga kalian semua diberi kesehatan dari Allah Swt,  amin.

Sudah 1 (satu)  minggu aku sakit,  pilek,  batuk-batuk,  dan sempat panas tinggi serta anemia.  Belum pernah tensi darahku begitu rendah 100/60 seperti saat aku periksa hari Sabtu yang lalu. 

Dan sekarang pilek sama batuk-batukku belum sembuh benar.  Mudah-mudahan aku bisa segera sembuh.  Aku sudah minum obat tapi batukku belum juga berkurang,  mungkin aku harus mencoba cara yang lain,  kemudian aku cari-cari di google, akhirnya aku memutuskan membuat air jeruk nipis dan madu sebagai cara tradisional mengurangi batuk.  Semoga saja batuk ini cepat sembuh agar tidak mengganggu aktivitasku,  apalagi hari Senin ini akan ada kegiatan yang cukup menguras  tenaga di kantor. 

Batuk mungkin dianggap penyakit sepele oleh orang lain,  tapi batukku ini selalu muncul sangat sering dan sampai-sampai bikin tenggorokanku sangat gatal dan meneteskan air mata,  air mataku keluar sendiri saat batuk.  Kerja juga terganggu dan nggak konsen. 

Makanya saat kita sehat kita harus menjaga benar kondisi tubuh agar tidaks sakit lagi,  karena sakit itu sungguh tidak enak,  teman-teman. Sakit itu adalah ujian yang harus dijalani dengan penuh kesabaran.  Sudah 4 malam aku tidak bisa tidur nyenyak karena pilek dan batuk yang terus menyiksaku. 
Akhir-akhir ini aku sering banget galau. Nggak tau kenapa.  Dan itu mungkin yang bikin kesehatanku terganggu.  Ya,  aku harusnya nggak usah terlalu banyak pikiran ya.

Eh,  udah dulu ya curhatnya. 

Wasalamualaikum